INFO 25-27 OKTOBER 2010

Pertama, Benahi Reserse
27 Oktober 2010
SERTIJAB KAPOLRI. Jenderal Pol Bambang HD (kiri) salam komando dengan Kapolri baru Komisaris Jenderal Timur Pradopo usai serah terima jabatan (Sertijab) di Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Jabar, kemarin (27/10).

Tongkat komando Kapolri resmi diserahkan Jenderal Bambang Hendarso Danuri pada Komjen Timur Pradopo. Upacara di Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat itu berlangsung kemarin (27/10). Sejumlah menteri dan anggota DPR juga datang.
Dalam sambutannya, Timur Pradopo berjanji akan meneruskan pekerjaan rumah dan program-program yang belum diselesaikan pendahulunya. “Saya tetap berharap memperoleh nasehat dan kritikan konstruktif dari para senior. Mari kita perbaiki institusi yang kita banggakan,” katanya.
Salah satu yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi Timur adalah kinerja reserse. Dalam penyampaian memori jabatan sebelumnya, BHD mengakui reserse masih 80 persen dikeluhkan oleh masyarakat.  Timur pun siap melakukan pembenahan. “Jika memang perlu dilakukan perbaikan terhadap program terdahulu, maka harus dilakukan,” kata jenderal kelahiran Jombang, Jawa Timur itu.  Mantan Kapolda Metro Jaya itu mengungkapkan, program Polri berikutnya sudah masuk dalam rencana strategis jangka panjang 2010-2025. “Saya meneruskan apa yang sudah dibangun dengan sangat baik oleh Jenderal Bambang Hendarso Danuri,” katanya.
BHD yang hadir satu podium tak lupa meminta maaf pada seluruh anggota Polri yang dipimpinnya selama ini. “Saya bangga memiliki anak-anak Bhayangkara yang tangguh,” katanya.  Dia meminta seluruh anggota Korps Bhayangkara, setia dan patuh pada Kapolri yang baru Timur Pradopo. “Saya dukung penuh jenderal Timur, semua anggota juga harus menyukseskan programnya,” katanya.  Upacara sertijab berlangsung cukup meriah, dengan  mempertontonkan sederet keahlian para anggota Polri. Antara lain  terjun payung yang dilakukan oleh 12 anggota Brimob, serta atraksi  marching band dari Taruna Akpol.  Sempat terjadi insiden terjun payung yang dialami seorang peserta dari Korps Brimob. Parasutnya tidak terbuka secara baik saat akan digunakan, sehingga dalam ketinggian tertentu terlihat melucur cepat ke tanah. Beruntung  parasut cadangan berhasil digunakan. Namun peserta itu tetap terjatuh dan langsung dilarikan ke rumah sakit.  Di bagian lain, Kontras dan ICW berjanji akan mencermati secara serius program 100 hari Timur. “Kita akan melakukan evaluasi serius terkait transparansi kepolisian,” kata Haris Azhar, koordinator Kontras.  Danang Widoyoko dari ICW, menagih janji Timur mengungkap penyerangan kantor TEMPO dan peneliti ICW Tama Satrya Langkun. “Kita  curiga pelakunya justru dibiarkan lepas,” katanya di kantor ICW, Jalan Kalibata kemarin. (rdl/rko/jpnn) http://radarcirebon.com

736 Pama dan Pamen Diganti, Kapolsek Hingga Kasat Dimutasi
27 Oktober 2010
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Boy Rafli Amar

Polda Metro Jaya melakukan mutasi secara besar-besaran. Sedikitnya 736 perwira pertama (pama) hingga perwira menengah (pamen) dimutasi dalam waktu yang bersamaan.
Mutasi tersebut tertulis dalam 6 STR bernomor STR/2294/X/2010 hingga STR/2299/X/2010 yang diterbitkan pada 15 Oktober 2010.
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan, mutasi tersebut sudah biasa. "Mutasi itu adalah hal yang biasa terjadi di institusi Polri," kata Boy, Rabu (27/10/2010). Boy mengatakan, mutasi tersebut dalam rangka penyegaran personel. "Agar memiliki pengalamanan yang berbeda di tempat yang baru," katanya.
Ratusan perwira yang dimutasi itu mulai dari staf bagian di tingkat Biro, Direktorat dan Polres serta Kapolpos, Kapolsek hingga Kepala Satuan di lingkungan Polda Metro Jaya. Boy mengatakan, sebagian Kapolsek diganti karena terjadi perubahan struktur yang kini dijabat oleh pamen berpangkat AKBP. "Seperti Kapolsek Tanah Abang, Kapolsek Menteng, Kapolsek Setiabudi dan Gambir," kata Boy. Ia sendiri membantah jika pergantian Kapolsek, seperti Kapolsek Ciputat, karena bermasalah. "Tidak ada, mutasi itu hal yang biasa. Tidak menyangkut apa-apa," katanya. Kapolsek yang dimutasi di antaranya adalah Kapolsek Ciputat, Jakarta Selatan, AKP Ngisa Asngari digantikan oleh Kompol Alip. Ngisa kini menjad pama non job di Polres Jakarta Selatan. Kapolsek Senen Kompol Arrow L Tobing diganti oleh Kompol Ari Wibowo, yang semula menjadi Kapolsek Kebon Jeruk. Posisi Kompol Ari di Polsek Kebon Jeruk digantikan oleh Kompol H Suradi yang semula penyidik di Satuan Resmob Direktorat Reskrimum Polda Metro. Kapolsek Pamulang AKP Agus Widartono digantikan oleh Kompol Zulkifli. Kompol Suwandi yang semula menjabat Kapolsek Cipayung digantikan oleh AKP Maryanto. Kapolsek Pakuhaji, Polres Tangerang Metro AKP Kosasih diganti oleh AKP Kemijo, yang semula menjabat Kapolsek Ciledug. Kapolsek Ciledug AKP Kemijo diganti AKP Sukiman.
Kapolsek Jatiuwung AKP Iman Setiawan digantikan Kompol Samsu Arifin yang semula Kanit IV Satuan Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya.
Kapolsek Bekasi Barat AKP Setyo Budiyanto menjadi Kapolsek Bekasi Selatan menggantikan AKP H Nasrul Harianto, sementara Nasrul jadi Kapolsek Bekasi Barat.
AKP Achmad Kusnidar yang semula menjadi Kapolsek Jati Asih kini digantikan oleh AKP Dermawan Karo Sekali. Sementara Kapolsek Bekasi Timur AKP Rokhmad Hari Purnomo digantikan oleh AKP Yana Darmayana. Kapolsek Medan Satria yang semula dijabat oleh AKP Yana Darmayana diganti oleh AKP Triyono. Kapolsek Kedung Waringin, Polres Bekasi AKP Jaka Warsita digantikan oleh AKP Supriyanto yang sebelumnya menjabat Kapolsek Cikarang Timur. Kapolsek Cikarang Timur AKP Supriyanto diganti oleh AKP Yan Patra Tambunan yg sebelumnya menjabat Kapolsek Serang. Sementara posisi Yan Patra digantikan oleh AKP Sudiyono. Kapolsek Cabang Bungin, Polresta Bekasi AKP Sudiyono digantikan oleh Iptu Triyono. Kapolsek Pancoran Mas, Depok AKP Rohana digantikan oleh AKP Ismail Usman Kapolsek Beji AKP Timbul Halomoan Simatupang jadi pama denma digantikan oleh AKP Ngadi. Sementara Kapolsek Sawangan AKP Icang Suhendar digantikan oleh AKP Wasimin.
Kapolsek Kawasan Kalibaru, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, AKP Supeno, digantikan oleh Kompol Krinton Sitanggang. Kapolsek Pasar Rebo, Kompol Hartono, dimutasi jadi Kasat Sabhara Res Jakut digantikan oleh Kompol Sutardi. Kapolsek Pademangan Kompol Wawan Setiawan digantikan Kompol Harley H Silalahi. Kapolsek Tanjung Priok digantikan oleh Kompol Budhi Herdi Susianto. Kapolsek Ciracas Kompol Dani Hamdani digantikan oleh Kompol Senen. Kapolsek Makasar yang semula dijabat oleh Kompol Senen digantikan oleh AKP Edy Surasa. Kapolsek Jatinegara Kompol Sriyanto diganti oleh Kompol Dewoto.
Kapolsek Tangerang AKP Titib Sumarni diganti oleh AKP Sudiyo. Kapolsek Cipondoh jadi Kompol Arlon Sitinjak gantikan AKP Sukarna. Sementara itu, Kasat Resmob Ditreskrimum Polda Metro kini dijabat oleh AKBP Helmy Santika, menggantikan AKBP Ahmad Rivai yang tengah sekolah perwira menengah (Sespim). Kasat Reskrim Polres Jakarta Pusat yang semula dijabat oleh Kompol Budi Sartono kini digantikan oleh Kompol Yoyon Tony Surya Putra. Kompol Budi sendiri menduduki jabatan baru sebagai Kapolsek Cakung.
Sedangkan posisi Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat yang semula diduduki oleh Kompol Yoyon Tony Surya Putra kini digantikan oleh AKBP Ferdy Sambo. Jabatan Kasat Ranmor Ditreskrimum Polda Metro yang semula diduduki oleh AKBP Ferdy Sambo, diganti oleh AKBP Roycke Harry Langie. Kompol Nurdi Astriaji yang semula menjabat Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan dimutasi menjadi Wakasat Reskrim Polres Jakpus. Posisi Kompol Nurdi kini digantikan oleh Kompol Budi Irawan yang semula menjabat Kanit I Tindakan Terorganisir Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya. Kompol Kristian Parluhutan yang semula menjabat Kasat Narkoba Polres Jakarta Barat dimutasikan menjadi Kanit I Dit Narkoba Polda Metro Jaya. Posisinya di Polres Jakarta Barat sebagai Kasat Narkoba diambil alih oleh Kompol Yossy Runtukahu yang semula menjabat Kapolsek Gambir. Kasat Narkoba Polres Jakarta Pusat yang semula diduduki oleh Kompol Siswo Yuwono digantikan oleh Kompol Apollo Sinambela yang semula menjabat sebagai Kanit I Psikotropika Narkoba Polda Metro Jaya. Kasat Narkoba Polres Depok Kompol Rusmanto diganti oleh Kompol Djitu Martono. Kasubdit Gakkum dijabat oleh AKBP Yakub Dedy Karyawan, menggantikan AKBP Johanson Ronald Simamora. Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara Kompol Susatyo Purnomo Condro kini menjadi Kanit IV Fismondev. Posisinya digantikan oleh AKBP Irawan Anwar yang semula menjabat sebagai Kabag Analis Ditreskrimum PMJ. Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang Kompol Arie Ardian dimutasi menjadi Kanit IV Harda Bangtah, digantikan oleh AKBP Sumanto. Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur yang semula dijabat oleh Kompol Nicolas Ary Lilipaly digantikan oleh Kompol Dodi Rahmawan. (mei/lrn) http://us.detiknews.com