INFO 19-21 APRIL 2011

AKBP M Awal Chaeruddin Pimpin Polres Subang
21 April 2011
AKBP M Awal Chaeruddin.


Mantan Sekpri Waka Polri Spripim Polri AKBP M Awal Chaeruddin mulai Kamis (21/4/2011) akan memimpin Polres Subang menggantikan AKBP Dadang Heryanto yang akan memangku jabatan baru sebagai Kapolres Cianjur.
Upacara serah terima jabatan dipimpin Kapolda Jabar Irjen Pol Suparni Parto di Mapolda Jabar, Soekarno Hatta Kota Bandung, Kamis (21/4/2011) mulai pukul 08.00 WIB.
“Mutasi pejabat di Polda Jabar tersebut berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/656/IV/2011 tanggal 1 April 2011,” ujar Kepala Bagian Humas Polda Jabar Kombes Pol Agus Rianto dalam siaran persnya.

Selain kedua perwira menengah tersebut, pejabat lainnya yang dimutasi, yakni AKBP Nugroho Slamet Wibowo yang sebelumnya Kapolres Bogor sekarang menjabat Wakapolres Metro Jakarta Barat Polda Metro Jaya, AKBP Hilman menjadi Kapolres Bogor Kota yang sebelumnya menjabat Kasat II/Harda Bangtah Dit Reskrimum Polda Metro Jaya.
Selain itu, Kapolres Majalengka kini dipegang oleh AKBP Lena Suhayati yang sebelumnya Kabag Bindiklat Ro Pers Polda Jabar. Di Cianjur, AKBP Djoko Hari Utomo yang sebelumnya menjabat Kapolres Cianjur, kini menjabat Wadir Pamobvit Polda Metro Jaya. Kapolres Cianjur sendiri bakal diduduki AKBP Dadang Hartanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Subang.

Sedangkan Polres Bandung bakal dipegang mantan Kapolres Majalengka AKBP Sony Sonjaya yang sebelumnya dijabat AKBP Hendro Pandowo yang akan memangku jabatan baru sebagai Waka Polres Metro Jakarta Pusat Polda Metro Jaya.
Di Polres Tasikmalaya, Moh Hendra Suhartiyono yang sebelumnya Kapolres Tasikmalaya, kini menjabat Wadirkrimsus Polda Jabar. Sementara Kapolres Tasikmalaya dijabat AKBP AKBP Gupuh Setiyono yang sebelumnya bertugas di Bareskrim Mabes Polri.
Untuk Kapolres Sumedang yang sebelumnya dipegang AKBP Nurullah, digantikan mantan Kasat Reskrim Polwiltabes Bandung AKBP Arman Achdiat. AKBP Nurullah sendiri kini menjabat Kabag RBP Rorena Polda Jabar

Polresta Depok
21 April 2011
Kepolisian Resor Kota Depok menyelenggarakan serah trima jabatan (sertijab) Wakil Kepala Kepolisian Resort  Kota (Wakapolresta) Depok diserahterimakan dari AKBP Ahmad Subarkah kepada AKBP Ahmad Mustofa. Serta jabatan Kasatreskrim Polresta Depok, Kompol Ade Rahmat Idnal diserah terimakan kepada Kompol Azhar Nugroho, Kamis (21/4/2011) di Aula Athmani Wedhana Polresta Depok.Dalam sambutannya Kapolresta Depok, Kombes Pol Ferry Abraham mengatakan, pasca terjadinya bom bunuh diri di Polres Cirebon. Seluruh anggota Polres Depok diminta untuk waspada, khususnya petugas jaga agar melakukan pemeriksaan terhadap tamu-tamu yang masuk ke lingkungan Polresta Depok.”Pemeriksaan harus dilakukan dengan sopan, tegas dan disiplin, terutama pada malam hari dan hari Jum’at khususnya di Masjid Polres Depok. Ferry juga mengucapkan terima kasih kepada AKBP Ahmad Subarkah yang  telah bertugas selama kurang lebih dua tahun sejak (4/10/2009) hingga (21/4/2011). Ia menilai telah banyak memberikan inovasi kepada khususnya Polresta Depok demi kamajuan dan pembinaan terhadap personil dalam hal kedisiplinan. Demikian pula ucapan terimakasih diberikan kepada Kompol Ade Rahmat Idnal yang bertugas selama satu tahun sejak (2/1/2010) hingga (21/4/2011), telah berhasil mengungkap berbagai kasus yang ada di Polresta Depok,” ujarnya. Sedangkan AKBP Ahmad Subarkah akan menduduki jabatan barunya sebagai Kasat Brimob Polda Palu, Sulawesi Tenggara, sedangkan Kompol Ade Rahmat Idnal menjabat sebagai Kapolsek Tanjung Priok Jakarta Utara.(Maulana) http://cakrawalainterprize.com

Sejumlah Perwira Polda NTT Dimutasi
21 April 2011
Laporan wartawan Pos Kupang.Com, Benny Jahang
Sejumlah perwira yang menjadi pejabat utama  di lingkungan Polda NTT dimutasi. Dalam mutasi ini tiga pejabat utama, yaitu Dirlantas Kombes Drs. Dedy Dhia Dharma dan Karo Ops Polda NTT, Kombes Polisi Drs. Abdur Rochim, serta Dir Sabhara Kombes Polisi Drs. Heny Sulistiya Arianta turut dimutasi. Dir Lantas Polda NTT, Kombes Polisi Drs. Dedy Dhia Dharma digantikan Kombes Polisi Drs. Gde Sugianyar, S.H, M.Si yang sebelumnya menjabat Kabid Humas Polda Bali. Sedangkan Karo Ops akan dijabat Kombes Polisi Marpin Efendi.
 Selain itu, Kasat Brimob AKBP Abu Bakar Tertusi, S.I.K  digantikan  AKBP Norman Widjajadi, S.I.K. Sementara Kapolres Manggarai dari AKBP Hambali, S.H kepada AKBP Pontjo Soediantoko, S.I.K. Pada acara serah terima jabatan itu juga dilantik  Kombes Polisi Ade Sutiana sebagai Dir Reskrimsus Polda NTT, serta AKBP Drs. Suharyadi Sujono sebagai Dir Reskrim Umum Polda NTT. Sementara AKBP Agus Suryano dilantik sebagai Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda NTT. Kapolda NTT, Brigjen Polisi Drs. Yorri Yance Worang dalam sambutannya yang dibacakan Swakapolda Kombes Polisi Edy Haryanto menekankan peran Ditlantas Polda NTT dalam penegakan hukum berlalulintas. Dikatakannya, situasi dan kondisi jalan di NTT sangat rawan, karena kebanyakan berada di daerah pegunungan dan perbukitan. Kondisi Kota Kupang, kata Worang, juga perlu mendapat perhatian khususnya masalah kebut-kebutan atau balapan motor liar, penggunaan sound sistem angkutan umum yang berlebihan serta masalah pengaturan parkir yang belum tertib di beberapa pusat pertokoan. "Masalah-masalah ini harus menjadi perhatian  dari pejabat baru yang harus ditindaklanjuti," kata Worang. Khusus untuk Kapolres Manggarai, AKBP Pontjo Soediantoko, Yance Worang mengharapkan, Polres Manggarai yang membawahi dua kabupaten dengan jumlah penduduk 736.183 jiwa sebagai suatu wilayah pertanian, perkebunan, pertambangan dll.
Beberapa kasus yang ditangani oleh Polres Manggarai belakangan ini perlu menjadi perhatian pejabat kapolres yang baru untuk melakukan langkah-langkah yang konkrit untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan tetap berpedoman kepada aturan hukum yang berlaku. (ben)

KAPOLDA LANTIK 7 KAPOLRES DAN 5 PAMEN
20 April 2011
Kapolda Sumsel Irjen Pol Hasyim Irianto.
Kapolda Sumsel Irjen Pol Hasyim Irianto sekitar pukul 10.30 melantik 7 orang kapolres dan kapolresta jajaran Polda Sumsel serta perwira menengah di ruang Catur Sakti Mapolda Sumsel.
Tujuh Kapolres yang dilantik yakni Kombes Pol Agus Sulistiyono yang sebelumnya menjabat Kabag Um Ro Renmin Babinkam Polri, dilantik menjadi Kapolresta Palembang.

Ia menggantikan Kombes Pol Cahyo Budi Siswanto yng dipromosikan menjadi Peneliti Utama STIK Lemdikpol. Selanjutnya AKBP Agus Fatchulloh yang sebelumnya menjabat Kabag Bin Ops Ro Ops Polda Sumsel, dilantik menjadi Kapolres Ogan Komering Ilir (OKI). Ia menggantikan AKBP Slamet Widodo yang dipromosikan menjadi Wadir Binmas Polda Sumsel. AKBP Kristiyono yang sebelumnya menjabat Kabag Binkar Ro Pers Polda Sumsel dilantik menjadi Kapolres OKU Timur. Ia menggantikan AKBP Marhen Jhon Mangundap yang dipromosikan menjadi Wadir Reskrim Sus Polda Sumsel.

Kemudian AKBP Abi Darrin yang sebelumnya menjabat Penyidik Madya Unit 1 Dit IV Narkoba dan OC Bareskrim Polri, dilantik menjadi Kapolres Pagaralam. Ia menggantikan AKBP Kasihana Abdul Sholeh yang dipromosikan menjadi Wakapolresta Palembang. AKBP Rizal Syahman Radi yang sebelumnya menjabat Kapolres Ogan Ilir, dilantik menjadi Kapolres Musirawas. Ia menggantikan AKBP Imam Sachroni yang dipromosikan menjadi Wadires Narkoba Polda Sumsel. Sementara jabatan Kapolres Ogan ilir, di tempati AKBP Deni Darmapala yang sebelumnya menjabat Kayanma Bidminwa Stik Lemdikpol. Sementara AKBP Toto Wibowo yang sebelumnya menjabat Koorspripim Polda Sumsel, dilantik menjadi Kapolres Muba. Ia menggantikan AKBP F Barung Mangera yang dipromoasikan menjadi Kasubag Fuullahinfodok Bag Yaninfodok Ro PID Divhumas Polri.
Untuk perwira menengah, Kombes Franky H Parapat yang sebelumnya menjabat Kasubag Monitor Bag Yanduan Div Propam Polri, dilantik menjadi Kabid Propam Polda Sumsel. Ia menggantikan Kombes Pol Janner HR Pasarribu yang dipromosikan menjadi Akreditor Utama Rowabrof Div Propam Polri. Kombes Pol Moh Agus Sunaryo yang sebelumnya menjabat Analisis Kebijakan Madya Bid Sabhara Baharkam Polri, dilantik menjadi Dir Binmas Polda Sumsel. Ia menggantikan Kombes Pol Runadi Mamun yang dimutasikan sebaga Pamen Yanma Polda Jabar.

Sedangkan Kombes Pol Agus Prayitno yang sebelumnya menjabat Gadik Utama Dit Akademi Akpol dilantik menjadi Dir Sabhara Polda Sumsel. Ia menggantikan Alamsyah Marzoeki yang dipromosikan menjadi Peneliti Utama Stik Lemdikpol. AKBP H Abdul Latief Maulana yang sebelumnya menjabat Wadir Sabhara Polda Sumsel, dilantik menjadi Kabid Telematika. Ia menggantikan Kombes Petrus Hardana yang dimutasikan menjadi Pamen Polda.
Selain itu, Irjen Pol Hasyim Irianto juga melaksanakan strukturisasi jajaran sesuai arahan Kapolri.  Untuk Direktorat Samapta dirubah menjadi Direktorat Sabara dan Dit Binamitra dirubah Dit Binmas.
Sementara Direktorat Reserse Kriminal (Dit Reskrim) yang sebelumnya dipimpin satu direktur, kini dibagi menjadi dua. Yakni Direktorat Reserse Kriminal umum (Dit Reskrimum) yang dipimpin Kombes Pol  Benni Gunawan dan   Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Kombes Pol Raja Hariono. Untuk Direktorat Narkoba hanya berubah nama yakni Direktorat Reserse Kriminal Narkoba (Dit Reskrim Narkoba). Selain itu ada juga penambahan unit baru, yakni Dit Pengamanan Objek Vital (Dit Pam Ovit), yang di pimpin Kombes Suyata. Ia sebelumnya menjabat Analisa Kebijakan Madya Bid Jianstra Sops Polri.
Sumber,  Sriwijaya Post

POLDA SULTRA, MUTASI SEJUMLAH PEJABAT UTAMANYA
19 April 2011
Jajaran Polda Sulawesi Tenggara, hari ini memutasi sejumlah pejabat utamanya. Dipimpin langung Wakil Kapolda Sultra, Kombes Polisi Allorante, serah terima jabatanpun dilangsungkan dalam sebuah upacara di Markas Polda. Para pejabat utama yang mengalami mutasi yakni Direktur Intelkam yang sebelumnya di jabat Kombes Polisi Pusoro Widyanto kini di gantikan oleh Kombes Polisi Awan Samudera, Direktur Bimbingan Masyarakat yang sebelumnya di jabat Kombes Polisi Joko Santoso kini di gantikan AKBP Bambang Sentot Widodo.
Sementara itu, beberapa kapolres juga mengalami pergantian yakni Kapolres Kolaka,  Kapolres Muna, Kapolres Bombana serta Kepala Kesatuan Brimob Polda Sultra. Khusus untuk Kasat Brimob Polda Sultra, karena saat ini belum ada penjabatnya, kini di ambil alih oleh Kapolda Sultra langsung, sementara Kasat Brimob sebelumnya pindah ke Jawa Timur sebagai Wakil Kasat Brimob Polda Jatim. Selain melaksanakan serah terima jabatan, juga di lakukan pelantikan untuk jabatan di struktur organisasi Polri yang baru di Polda Sultra, yakni Direktur Reserse Kriminal Khusus serta Direktur Pengamanan Obyek Vital.
Kabid Humas Polda Sultra AKBP Muhammad Fachrurrozi mengatakan mutasi dan pelantikan jabatan di tubuh Polri adalah hal yang wajar. “selain untuk penyegaran dan pembinaan juga sebagai ajang promosi jabatan,”ujarnya. [ys] Beritakendari.com