INFO 04- 06 NOVEMBER 2011

Wakapolres Bogor Kota Diganti
5 November 2011
Warta Kota/Soewidia Henaldi

Posisi Wakil Kepala Polres Bogor Kota diserahkan terimakan dari pejabat lama Kompol F Guntur Sunoto kepada Kompol Irwansyah, Jumat (5/11) pagi. Selain jabatan Wakapolres Bogor Kota, posisi lain yang mengalami pergantian adalah Kepala Bagian Operasional (Kabagops) dan Kapolsek Bogor Timur. Serahterima jabatan tiga jabatan di lingkungan Polres Bogor Kota dipimpin Kapolres Bogor Kota AKBP Hilman di aula Mapolres Bogor Kota.Dalam sertijab itu, Kompol F Guntur Sunoto, selanjutnya menempati posisi baru sebagai Kasi Turjawali Subag Gakum Lantas Polda Jabar. Posisi yang ditinggalkan Guntur diisi oleh Kompol Irwansyah yang sebelumnya menjabat Kabagops Polres Bogor Kota. Posisi Irwansyah digantikan oleh Kompol Sahroni Kuswandi yang sebelumnya menjabat Kapolsek Bogor Timur. Sedangkan jabatan Kapolsek Bogor Timur diisi oleh AKP Wasino, sebelumnya Wakapolsek Bogor Selatan.
"Saya berterimakasih kepada adik, yunior saya, Komisaris Guntur yang sudah mengabdikan dedikasinya di Polres Bogor Kota selama 1,4 tahun. Saya berdoa, semoga jabatan baru ini dapat meningkatkan kinerja dalam pelayanan bagi masyarakat," kata AKBP Hilman dalam sambutannya.Hilman mengatakan, Sertijab merupakan hal yang biasa di lingkungan Polri. Serahterima jabatan mengandung makna, peningkatan kinerja di lingkungan tugas Polri. "Polres Bogor Kota merupakan daerah penyangga Ibukota. Kerawanan yang timbul sangat spesifik, berbeda dengan daerah lain," katanya.Ada yang menarik dalam sertijab kali ini, yaitu ketika Kompol Irwansyah dipromosikan menduduki posisi Wakapolres Bogor Kota menggantikan Kompol F Guntur Sunoto. Irwansyah merupakan terlama di Polres Bogor Kota. Jabatan Irwansyah diamulai saat dia menjabat Kasatreskrim Polres Bogor Kota dengan pangkat AKP.
Selama 2,5 tahun, pria kelahiran Lampung itu menempati posisi sebagai Kasatreskrim. Setelah menjabat Kasatreskrim, Irwansyah mendapat promosi jabatan sebagai Kabagops. Irwansyah menduduki jabatan itu selama 1,5 tahun sebelum akhirnya menempati posisi baru sebagai Wakapolres Bogor Kota. (wid) http://www.wartakota.co.id

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya Dimutasi ke Polda Jatim
5 November 2011
Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polrestabes Surabaya AKBP Indarto dimutasi atau dipindahtugaskan ke Polda Jatim.
Pjs Kabid Humas Polda Jatim, AKBP Elijas Hendrajana ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Sabtu, mengatakan bahwa mutasi di tubuh Polri adalah langkah penyegaran dan merupakan hal biasa yang bisa dilakukan kapan saja.
"Tapi saya belum tahu turunnya telegram rahasia (TR) secara lengkap tentang mutasi sejumlah pejabat di jajaran Polda Jatim. Coba nanti saya cek kembali," katanya ketika dihubungi melalui telepon selulernya.
AKBP Indarto yang sebelumnya pernah menjabat Kasubdit I/Pidum Ditreskrim Umum Polda Jatim akan "balik kucing", namun dengan posisi berbeda.
Perwira lulusan Akpol 1995 yang berhasil menguak kasus dugaan korupsi dana bimbingan teknis di lingkungan DPRD Surabaya tersebut, akan menempati jabatan barunya sebagai Kasubdit II/Vismondev Ditreskrim Khusus Polda Jatim.
Berdasarkan telegram rahasia yang dikeluarkan Polda Jatim dengan nomor surat STR/1113/IX/RO SDM, orang nomor satu di kesatuan reserse Polrestabes Surabaya akan dijabat oleh Kompol Farman yang awalnya sebagai Koorspripim Polda Jatim.
Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Indarto ketika dikonfirmasi masih enggan berkomentar dengan turunnya telegram rahasia tersebut. "Nanti saja ya," elaknya singkat.
Menurut sumber internal di lingkungan Polda Jatim, mutasi Kasatreskrim di wilayah hukum Surabaya juga berlaku di Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Nama AKP Setyo K. Heriyatno akan diganti oleh AKP Hendri Umar. Setyo ditunjuk Kanit I/Perbankan Money Loundry Subdit II/Vismondev Ditreskrimsus Polda Jatim.  "Kabag Ops Polrestabes Surabaya AKBP Yoyo Sapto Nugroho juga dimutasi sebagai Penyu Ditreskrimum Polda Jatim. Ia diganti oleh AKBP Ady Wibowo yang kini masih menjabat Kasubditdalmas Ditsabhara Polda Jatim," ungkapnya.  Tidak hanya itu saja, Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Aldian juga termasuk dalam gerbong mutasi. Mantan Wakasatlantas Polwiltabes Surabaya (sebelum rekstrukturisasi) tersebut akan menempati jabatan barunya sebagai Wakapolres Banyuwangi.  "Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak diisi oleh Kompol Kholilurrahman yang saat ini masih menjabat Kapolsek Pabean Cantikan. Sedangkan penggantinya AKP Rahman Wijaya yang sekarang menjabat Kasatlantas Polres Madiun," papar dia. Di samping Kapolsek Pabean Cantikan, pergeseran Kapolsek di jajaran Polrestabes Surabaya berlaku untuk Kapolsek Benowo Kompol Supi'i dan Kapolsek Tenggilis Mejoyo Kompol Slamet Sugiarto.  Sedangkan kursi lowong di Kasat Narkoba Polrestabes Surabaya usai ditinggalkan AKBP Eko Puji Nugroho sebagai Kapolres Mojokerto, dipastikan ditempati AKBP Iskandar yang sebelumnya menjabat Kasubdit IV/Ditreskrimum Polda Jatim.(*) http://www.antarajatim.com

Sertijab 7 Kapolres, Polda Kalteng
4 November 2011
Kapolda Kalteng Brigjen (Pol) H Damianus Jackie, siang ini, Jumat (4/11), akan memimpin serah terima jabatan (sertijab) 7 Kapolres dan sejumlah pejabat teras Polda Kalteng.
Perwira menengah (Pamen) yang akan sertijab adalah Kombes Nelson Panjaitan kepada penggantinya Kombes Koeshartono Arie Sudrajat sebagai Direktur Narkoba. Nelson selanjutnya menjadi Widyaiswara Mabes Polri. Direktur Lalu Lintas dari Kombes Yaya Ahmudiarto kepada AKBP Tomex Kurniawan (mantan Wadir Lantas Polda Metro Jaya). Kemudian, jabatan Karo SDM yang kosong akan dijabat Kombes Adi Kuntoro. Wakil Direktur Lalu Lintas AKBP Yun Imanullah kepada penggantinya AKBP Tri Julianto Djatiutomo (mantan Kapolres Indragiri Hilir, Polda Riau). Posisi Kasat Brimob yang sebelumnya dijabat Kombes Iriyanto, untuk sementara kosong. Iriyanto naik jabatan menjadi Direktur reserse kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Kalsel. Begitu juga jabatan Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) untuk sementara kosong. Karena pejabat sebelumnya AKBP Eko Saktiono menjadi Kasat Brimob Polda Gorontalo. Sedangkan 7 Kapolres yang melakukan sertijab adalah Palangka Raya,  Sukamara, Kotawaringin Timur (Kotim), Kotawaringin Barat (Kobar), Seruyan, Barito Timur (Bartim), dan Barito Utara (Barut). Kapolres Palangka Raya AKBP Andreas Wayan Wisaksono menjadi WakilDirektur Binmas Polda Kalteng. Dia digantikan AKBP I Nyoman Artana (mantan Kapolres Sukamara).  AKBP Jimmy Agustinus Anes (mantan Kasat II Ditreskoba Polda Kalsel) menjadi Kapolres Sukamara. Kapolres Kobar AKBP Nuryadi Purtono menjadi Wadir Reskoba Polda Kalteng. Ia digantikan AKBP Novi Irawan (mantan Kasat Tipiter Ditreskrimsus Polda Kalteng).  Selanjutnya, Kapolres Barut AKBP Yan Frits Kaiway ditarik ke Polda Kalteng menjadi Wadir Pengamanan Obyek Vital  (Pam Obvit). Ia digantikan AKBP Bermen JP Sianturi (mantan Kapolres Bartim). Posisi Bermen digantikan AKBP Amostian (mantan Wakasat Brimob Polda Kalteng). Kapolres Kotim AKBP Abdul Hasyim mengganti posisi Amostian menjadi Wakasat Brimob. Penggantinya adalah AKBP Andhi Triantanto (dari Tipiter Bareskrim Mabes Polri). Dan terakhir, Kapolres Seruyan dari AKBP Gunawan Prijambodo kepada AKBP Dally Achmad Mutiara (dari Baintelkam Mabes Polri). Gunawan selanjutnya menjadi Wadir Binmas Polda Yogyakarta. Mutasi bagi Pati dan Pamen Polri ini berdasarkan Surat Telegram (ST) Kapolri No:ST/2044/X/2011 s/d ST/2052/X/2011 tanggal 19 Oktober 2011.Sertijab dilaksanakan di Gedung Kerucut Mapolda Kalteng, usai Salat Jumat. 
Aacara sertijab akan dihadiri seluruh pejabat teras Polda Kalteng, staf dan PNS Polri serta Bhayangkari. http://media.hariantabengan.com

Empat Kapolres Dan Dua Direktur Sertijab Di Polda Kalbar
4 November 2011
Empat Kapolres dan dua Direktur di jajaran Polda Kalbar, Jumat (4/11/2011), melaksanakan serah terima jabatan. Acara dipimpin langsung oleh Kapolda kalbar Brigjen Pol. Drs. Unggung Cahyono.  Jabatan kapolres yang mengalami pergantian diantaranya adalah Kapolres Bengkayang dari AKBP Mosyan Nimitch, SIK digantikan oleh AKBP Veris Septiansyah, SH, SIK, M Si yang sebelumnya menjabat Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalbar. Kemudian Kapolres Sintang dari AKBP Drs. Firly R. Samosir, M Si beralih kepada AKBP Oktavianus Martin, SIK. AKBP Andreas Widhihandoko, SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Kalbar menggantikan AKBP Drs. Adeyana Supriyana sebagai Kapolres Sekadau. Lalu AKBP Sigit Dedy Purwadi, SIK menggantikan AKBP Andi Fairan, SIK sebagai Kapolres Kabupaten Pontianak. Dua jabatan direktur yang juga mengalami serah terima jabatan, yaitu Dirbinmas Polda Kalbar dari Kombes Pol. Drs. Sugeng Heryanto kepada Kombes Pol. Drs. Suhadi Soewondo, M Si serta jabatan Dirreskrimsus dari Kombes Pol Drs. Bambang Priyambadha, SH, M Hum kepada Kombes Pol. Drs. Wirdhan Denny, MH. Dalam amanatnya, Kapolda Kalbar menyambut baik pelaksanaan sertijab yang dianggapnya sebagai momen baik bagi seorang perwira menerima promosi untuk menempati jabatan yang lebih tinggi setelah melalui seleksi dan penilaian pimpinan Polri. “Hendaknya momentum serah terima ini dijadikan motivasi untuk melakukan perubahan yang lebih baik karena saat ini Polri sedang melaksanakan reformasi birokrasi Polri,” ujar Kapolda.  “Kepada pejabat yang telah melakukan serah terima jabatan agar melakukan program sejuta kawan, yang bertujuan agar polisi dan masyarakat dekat dan akrab dalam mewujudkan situasi kondusif,” ungkapnya. Menurut Kapolda, grand strategi Polri berupaya secara maksimal menempatkan kemitraan dan jaringan partnership building dan networking sebagai program unggulan melalui perpolisian masyarakat. Dimana dalam implementasainya pemberdayaan potensi masyarakat merupakan salah satu strategi dalam pembinaan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif. (mwd) http://www.beritanda.com

Sertijab Pamen Polda Jambi
Anang: Sesuaikan Tugas dengan Tren di Masyarakat                                 
4 November 2011
Kapolda Jambi Brigjen Pol Drs Anang Iskandar SH MH menyatakan, dalam rangka memberikan jasa atau pelayanan kepada masyarakat, Polri harus  berorientasi pada apa yang menjadi harapan atau tuntutan masyarakat. ‘’Selain itu, juga harus menyesuaikan dengan apa yang sedang menjadi trend di masyarakat, terutama yang berkaitan dengan masalah kamtibmas,’’ ujar Kapolda dalam acara serah terima jabatan empat Pamen Polda Jambi, Jumat (04/11).
Menurut Kapolda, keberhasilan polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bukan ditentukan oleh Polri sendiri, melainkan ditentukan masyarakat yang dilayaninya. Untuk itu, pendekatan kepada masyarakat bisa dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan dan harus senantiasa di pantau, dievaluasi, diukur dan digunakan sebagai dasar untuk penyempurnaan terus menerus. Empat jabatan Pamen Polda Jambi yang diserahterimakan itu adalah. Jabatan Karo SDM Polda Jambi dari Kombes Pol Drs Dwi Setiadi SH MH kepada Kombes Pol Mukhlis Sik. Dir Binmas Polda Jambi dari Kombes Pol Drs Mohammad Yamin Saputra kepada Kombes Pol Kristono. Lalu, Dir Lantas Polda Jambi dari Kombes Pol Drs Giri Purwanto kepada AKBP Nasri Wiharto Sik, serta jabatan Kabid Propam Polda Jambi yang sebelumnya dipegang AKBP Tedjo Dwikora. Kabid Humas Polda Jambi AKBP Almansyah menyambahkan, untuk jabatan Kabid Propam dikembalikan ke Kapolda Jambi. ‘’Karena saat saat ini pejabatnya belum ada. Sedangkan untuk sertijab jabatan Karo Rena dan Karo Sarpras Polda Jambi akan dilakukan menyusul,’’ terang Almansyah. Hadir dalam acara sertijab ini, seluruh Wakapolda Jambi Kombes Pol Robby Kaligis serta seluruh pejabat utama Polda Jambi lainnya. http://metrojambi.com

Polda Jambi Gelar Sertijab Empat Pamen
4 November 2011
Polda Jambi menggelar serah terima jabatan (sertijab) empat pejabat menengah (Pamen) Polda Jambi. Empat Pamen polda yang dilakukan serah terima jabatannya tersebut antara lain, Kombes Pol Drs Dwi Setiadi SH MH yang menjabat Biro SDM. Kombes Pol Drs Mohammad Yamin Saputra yang menjabat Dir Binmas Polda Jambi, dan Kombes Pol Drs Giri Purwanto selaku Direktorat Lalu Lintas serta, dan AKBP Tedjo Dwikora di Bid Propam Polda. Adapun pejabat baru yang dilantik antara lain, Kombes Pol Mukhlis, Sik menjadi Kepala Biro SDM Polda Jambi. Kombes Pol Drs Kristono menjabat Direktorat Binmas Polda Jambi dan AKBP Nasri Wiharo menjadi Direktorat Lalu Lintas. Sementara jabatan Bid Propam dikembalikan ke Polda Jambi. "Untuk pejabat Kabid Propam masih belum ada dan dikembalikan Ke Kapolda Jambi," kata Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah, Jumat (4/11/2011). Acara serahterima dilakukan di Aula Siginjai Polda Jambi pukul 08.00. Acara itu dihadiri keluarga para Pamen yang digantikan dan menggantikan. Serta para pejabat dilingkungan Polda Jambi. http://jambi.tribunnews.com